VirtualBox VM quit unexpectedly

VirtualBox adalah aplikasi virtualisasi yang selalu saya pasang. Kelebihan aplikasi ini menurut saya adalah gratis dan dapat dipasang pada semua sistem operasi desktop. Tentunya jika kalian ingin membaca lebih lanjut tentang aplikasi ini, silakan mengunjungi tautannya di Oracle Virtualbox .

Sesuai judul, saya ingin berbagi cara menghadapi masalah saat menggunakan aplikasi ini. Tepatnya ketika saya membuat virtualisasi Ubuntu Server dengan versi VirtualBox 6.1.14.

quit-unexpectedly-00.png

Duh! kenapa sih ini software?

Kalimat itu yang terlintas dalam pikiran saya setelah melihat pop-up error tersebut. Saya langung melihat detil masalah dan konfigurasi sistem untuk melihat lebih jauh penyebab kegagalan ini. Setelah itu saya juga melihat log VM yang ada pada menu machine - show log atau bisa juga menggunakan shortcut ⌘L.

quit-unexpectedly-01.png

Yup, sepertinya saya menemukan masalahnya. Karena saya membuat VM linux server, besar kemungkinan driver sound tidak tersedia secara langsung. Hal tersebut yang membuat VM gagal untuk dijalankan.

quit-unexpectedly-02.png

Solusinya adalah menonaktifkan konfigurasi audio pada menu Settings - Audio. Selanjutnya cukup jalankan VM dengan menekan tombol start. Hasilnya saya bisa menjalankan VM tersebut tanpa ada kendala yang sama.

No Comments Yet