Setup Different Major Version of Burp Suite Professional on Mac

Setup Different Major Version of Burp Suite Professional on Mac

Looking for english language? Google Translate here.

Burp Suite adalah alat bantu yang biasa saya gunakan ketika ingin menyadap komunikasi pada client server application. Pada saat tulisan ini dibuat, aplikasi ini telah memiliki versi 2021.2.1. Penamaan versi pada aplikasi ini berubah total, dari semula menggunakan semantic ke calendar versioning. Versi terakhir dari aplikasi ini yang masih menggunakan semantic adalah 1.7.37, dan dirilis pada tahun 2018. Tentunya peningkatan versi tersebut diimbangi dengan penambahan beberapa fitur dan perbaikan performa.

Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena pada kenyataannya banyak extender pendukung pada versi sebelumnya yang tidak kompatibel dengan versi terbaru. Sebagai contoh, extender burp-rest-api yang berjalan normal pada versi semantic 1.7.x, memiliki keterbatasan fungsi ketika digunakan pada versi calendar. Untuk mengatasi hal tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk coba memasang kedua versi ini.

Saya mengira proses pemasangannya akan rumit, layaknya menggunakan dua versi PHP berbeda di satu mesin tanpa sebuah package manager. Ternyata prosesnya cukup mudah, cukup mengubah nama direktori pada aplikasi yang lama dan kemudian memasang versi terbaru seperti biasa.

install-different-burp-mac.png

Contohnya, sebelumnya saya sudah memasang versi 1.7.37 pada direktori /Applications/Burp Suite Professional.app. Ubah direktori tersebut menjadi /Applications/Burp Suite Legacy.app menggunakan akses root, kemudian unduh dan pasang versi terbaru tanpa kustomisasi tambahan.

sudo mv "/Applications/Burp Suite Professional.app" "/Applications/Burp Suite Legacy.app"

Selanjutnya saya bisa mengakses kedua versi Burp Suite Professional melalui launcher atau finder.